Connect with us

Edukasi

Anggaran Pendidikan tidak Sesuai Konstitusi


BANDUNG, PRLM – Anggaran pendidikan dan kesehatan dalam APBD Jabar 2010 mendapat catatan dan perhatian dari sejumlah fraksi yang ada di DPRD Jabar. Anggaran pendidikan yang hanya mencapai enam belas persen dari APBD Jabar 2010 dinilai tidak sesuai dengan aturan konstitusi yang mensyaratkan dua puluh persen.

Selain itu, dewan juga menolak anggaran pembuatan film ”Perang Bubat” senilai Rp 6 miliar. Penolakan itu disampaikan oleh Badan Anggaran DPRD Jabar.

Masalah tersebut mengemuka dalam rapat paripurna DPRD Jabar tentang penetapan APBD Jabar 2010 yang dipimpin oleh Irvan Suryanagara. Rapat paripurna dihadiri para Wakil Ketua DPRD Jabar, yaitu Rudy Harsatanaya, Uu Rukmana, Nur Suprianto, Komarudin Taher. Sementara dari pihak eksekutif dihadiri Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan para kadis yang ada di Pemprov Jabar.

Fraksi PDIP melalui jubirnya Heri Mei Oloan mengatakan, seharunya anggaran pendidikan dua puluh persen dari APBD sesuai dengan amanat konstitusi. ”Anggaran yang kurang dari dua puluh persen dikhawatirkan tidak akan cukup meningkatkan mutu dan layanan pendidikan di Jabar,” katanya.

Hal senada juga dikatakan Achdad Sudrajad dari Fraksi PD. Selain menyoroti anggaran pendidikan yang masih di bawah amanat konstitusi itu, ia juga menitikberatkan perhatian pada bidang kesehatan. Seharusnya, anggaran bidang kesehatan di APBD Jabar sepuluh persen, tetapi dalam APBD 2010 belum sampai lima persen.

Jika anggaran kesehatan tidak sampai lima persen, dikhawatirkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak akan maksimal. Padahal, selama ini tingkat kesehatan masyarakat Jabar relatif masih rendah. (A-132/A-147)***


Lanjutkan

KAPOL

Terkait...
Komentari

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edukasi

Terhangat

BÉDA rasa, kecap 'nangtung', 'dahar', saméméh dianteur ku kecap 'jung' jeung 'am'. Kecap anteuran ngagambarkeun mimiti migawé. Kecap 'dahar' bisa waé ditapsirkeun eukeur atawa geus dahar. Tapi mun 'am dahar', nu kacipta téh ngamimitian ngahuap. Sarua jeung trét nulis. #preposisi

About 14 hours ago from Duddy RS | Solilokui's Twitter via Twitter for Android

Ke Atas
%d blogger menyukai ini: