Connect with us

Iptek

Bupati Uu Terjun Bebas ke Dunia Maya


@KangUU_tasik1MEDIA sosial semakin mengukuhkan kehadirannya di berbagai kalangan. Bahkan para pejabat publik pun jauh-jauh hari melirik media sosial sebagai perangkat komunikasi personal yang lentur.

Langkah Presiden Amerika Serikat, Barack Obama lalu ditiru Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, dengan memanteng akun twitter @SBYudhoyono. Dalam tempo singkat pengikutnya langsung menjulang hingga 2.239.362 (per 28 Mei 2013), sejak diluncurkan 13 April 2013.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, rupanya sudah mempertimbangkan matang-matang saat meluncurkan akun twitter yang terkoneksi dengan masyarakat 24 jam penuh. Tanpa tedeng aling-aling lagi.

Media sosial rival facebook itu pertamakali diluncurkan secara terbuka sejak 15 Juli 2006, diprakarsai Jack Dorsey dan mulai menanjak tahun 2007. Di Indonesia sendiri merebak sekitar tahun 2008, terutama di kalangan masyarakat perkotaan. Twitter dipandang lebih efektif karena kerapatan interaksi antar pengguna lebih praktis.

Ketimbang Presiden, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, sudah menggunakan twitter lebih awal. Akun @aheryawan dikelola apik untuk menjalin komunikasi dengan publik.

Ahmad Heryawan urung membeli mobil dinas, setelah dihujani mention bernada kritik tajam. Peran media sosial sudah bisa dirasakan sebagai kontrol sosial yang jitu.

Tidak dipungkiri, pejabat publik yang belum terbiasa akan rikuh. Tak bisa dihindari lagi, niscaya akan dihujani kekerasan verbal para netter. Kritik tajam dan pedas akan menjadi santapan sehari-hari. Ungkapan bernada kasar bisa terlontar dan langsung menohok.

Siapkah Bupati Kabupaten Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, diberondong mention?

Pasalnya akun @KangUU_tasik1 tidak saja merepresentasikan sosok Uu sebagai Bupati Tasikmalaya, tetapi juga sebagai pribadi.

Follow akun @KangUU_tasik1 dan hujani dengan mention.*


Lanjutkan

KAPOL

Terkait...
3 Komentar

3 Komentar

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iptek

Ke Atas
%d blogger menyukai ini: