Connect with us

Teater/Film

Indonesia, Surga Film Dokumenter


APA yang kurang di negeri ini? Kekayaan alam dan budaya, menjadi magnet yang menyedot perhatian dunia. Ketertarikan itu pula yang membuat seorang filmaker asal Austria, Victor Jaschke betah di Indonesia. Lima tahun sudah, ia berkiprah. Merekam kehidupan dengan kamera.

“Indonesia adalah surga film dokumenter,” katanya saat berdiskusi di ajang Festival Film Tasik (FFT) 2012 di Gedung Kesenian Tasikmalaya tempo lalu.

Orang Indonesia senang disorot kamera. Berbeda dengan dengan orang Eropa, Amerika, atau Australia. Mereka umumnya tidak senang jika dibidik kamera tanpa izin. Berbeda halnya dengan Indonesia. Warganya sangat terbuka. Kondisi ini sangat mendukung untuk kreator film dokumenter.

Pandangan Victor bisa benar. Meskipun, boleh jadi ada juga seseorang yang merasa terusik bila ada orang yang dianggap asing merekam aktivitas kesehariannya. Tapi sampai sejauh ini, bangsa Indonesia di mata Victor sangat membuka diri.

Lupakan kisruh dunia politik yang penuh intrik. Mari berkarya, menjadi filmaker dengan perangkat sederhana. “Intinya adalah share. Kita bisa berbagi sehingga hidup kita lebih bermakna. Semacam membuat catatan harian dalam bentuk video. Boleh jadi belum bisa disebut sebagai sebuah karya. Tetapi seperti halnya, film seorang polisi yang sedang santai (maksudnya Norman Kamaru yang menyanyikan lagu Sharukh Khan ‘Chaiyya Chaiyya’, red.) menjadi terkenal, karena telah membuat banyak orang senang dan merasa terhibur,” katanya.


Komentari

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Teater/Film

  • Teater/Film

    Komunitas Belajar Film

    PENDIDIKAN yang didambakan melahirkan perubahan, diakui, tak selamanya sempurna. Ruang untuk menjajal kapasitas individu siswa semacam...

  • Lorong

    Angels and Demons

    MANUSIA membutuhkan agama dan ilmu pengetahuan. Kelembutan budi dan kecerdasan yang tak bisa lepas dari kehendak...

  • Teater/Film

    Ruang Perbedaan

      PANDANGAN kolektif warga, boleh jadi rujukan. Konvensi yang diakui publik. Sekalipun, tidak selamanya pandangan itu...

  • Teater/Film

    Gravity

    SENYAP. Puing-puing satelit, noktah kecil di ruang maha luas. Maut dan sepi tipis jaraknya. Dr. Ryan...

  • Teater/Film

    Sadar Potensi

    NONTON film animasi ini, paling tidak, penonton diajak untuk sadar poténsi. Berpikir objektif dan positif tentang...

  • Teater/Film

    Politic Show

    FILM tidak semata-mata dibuat untuk menghibur. Tetapi harus ada pesan yang disampaikan. The Hunger Games: Catching...

Ke Atas
%d blogger menyukai ini: