Connect with us

Edukasi

MD Hasil Swadaya Diresmikan


ngblog_rame3PANUMBANGAN, PriLM – Wakil Bupati Ciamis meresmikan Pembangunan Ruangan Kelas Madrasah Miftahussaadah di Dusun Tenjolaya Desa Sindangherang Kec. Panumbangan Kabupaten Ciamis yang merupakan hasil swadaya masyarakat se-Kecamatan Panumbangan dan dana bantuan stimulan Prgram Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM).

Tampak hadir dalam acara tersebut Kabag Kesra Pemkab Ciamis, Endang Sutrisna, Nanang Mulyana Ketua BKD Kecamatan, Camat Panumbangan, Drs. Trisna, unsur Muspida serta tokoh masyarakat lainnya. Mengamati keadaan Madrasah Diniyah secara mendalam diungkapkan Wabup Ciamis, H. Iing Syam Arifin kepada Priangan seusai acara peresmian, Madrasah Diniyah (MD) telah menunjukkan kerja yang mantap mengokohkan dirinya sebagai lembaga pendidikan agama islam diusia dini dalam membangun SDM manusian menjadi melek huruf, terutama huruf arab dan agama Islam secara benar dan komprehensif. Oleh karena itu pendidikan merupakan tanggungjawab bersama antara orang tua, pemerintah dan masyarakat.

“Pendidikan agama harus dibangun sejak dini, karena ini akan berdampak pada pembentukan watak anak didik kedepannya. Karena itu, pendidikan agama harus terus menerus mendapatkan perhatian semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat dan kesungguhan dalam melaksanaan pembangunan dan kesabaran para pengurus dalam menghadapi masalah kekurangan dana, kenaikan harga, rintangan gangguan dan lainnya, telah lulus menghantarkan cita-cita masyarakat Kecamatan Panumbangan yang telah lama merindukan memiliki bangunan MD yang kompresentatif”, papar Iing.

Lebih lanjut ia berharap agar Pengurus dan masyarakat Panumbangan Kab. Ciamis dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya bangunan MD yang telah dibangun serta dapat meningkatkan mutu pendidikan agama Islam dengan baik.

“Saya sangat bersyukur sekali di Kecamatan Panumbangan ini dana bantuan PNPM Mandiri dan bantuan masyarakat serta bantuan dana dari ABPD Ciamis itu lebih besar dialokasikan untuk pembangunan gedung Madrasah Diniyah, dari dana 1,5 miliar ditambah 20 persen dana APBD Kab. Ciamis untuk insfratuktur tersebut 800 juta dialokasikan untuk 12 titik bangunan MD yang tersebar di Kecamatan Panumbangan ini, itu pun belum ditambah dengan dana swadaya masyarakat,” ujar Iing.

Sisanya diperuntukan untuk pembangunan irigasi, pipanisasi, PAUD, TK dan jembatan gantung. Lebih jauh Iing mengatakan Pemkab Ciamis terus berupaya mendorong, memotivasi dan menfasilitasi berbagai kegiatan masyarakat yang menyangkut di bidang keagamaan.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemkab Ciamis yakni membangun sumber daya manusia yang berkualitas, melalui peningkatan kualitas kehidupan beragama dan kehidupan sosial budaya untuk menyongong Iman dan Taqwa. Ketua Panitia Pembangunan MD, Nanang menambahkan program PNPM ini merupakan program pusat yang cukup berhasil dibanding dengan bantuan yang pernah diturunkan.

“Kegiatan ini dikecamatan Panumbangan sangatlah mendapatkan respon positif dari masyarakat panumbangan itu sendiri,” kata Nanang. Jadi mudah untuknya dalam melaksanakan program pembangunan insfratuktur di Kec. Panumbangan tersebut. “Mudah-mudahan tahun depan Kecamatan kami mendapatkan lagi bantuan yang hendak dilounchingkan tahun ini, yakni program padat karya, amin,” harapnya.


Lanjutkan

KAPOL

Terkait...
Komentari

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edukasi

Ke Atas
%d blogger menyukai ini: