Connect with us

Iptek

Pelajar Multimedia Sadar Ruang


internet-conceptTELEVISI, internet, budaya pop, film, dan musik sangat mempengaruhi sudut pandang masyarakat – termasuk para pelajar – tentang dunia. Faktanya, dunia televisi termasuk di dalamnya hiburan nyaris menjadi bagian kehidupan yang cenderung mendominasi seseorang. Ketenaran seorang bintang film dan superstar olahraga bisa menyita perhatian pelajar di ruang-ruang kelas ketimbang pelajaran sekolah.

Langkah yang dipandang cerdas, tak usah memeranginya. Namun justru memanfaatkan kekuatan media-media itu untuk menopang proses belajar. Mereka bisa menghayati kenyataan yang terjadi di sekitarnya, mengendapkan peristiwa-peristiwa yang dilaporkan media, baik surat kabar, televisi, radio, dan internet. Intinya, belajar dengan memanfaatkan dunia nyata yang sesungguhnya.

Peserta didik bisa langsung menggali berbagai isu lingkungan, teknologi, kesehatan, pemerintahan, belajar langsung tentang topik-topik dunia yang relevan dengan mengapresiasi berita-berita TV, majalah, dan internet.  Pendekatan multi media akan memotivasi pelajar untuk membaca lebih mendalam tentang peristiwa-peristiwa menarik yang terjadi di dunia. Akhirnya, bisa membantu mereka untuk mengembangkan aktivitas belajar sepanjang hayat.

Salah satu langkah mengintegrasikan kegiatan belajar mengajar alternatif adalah dengan mengenalkan dan mengembangkan citizen journalism di sekolah-sekolah. Merangsang pelajar terlibat aktif menjadi pembuat atau produsen informasi – tidak hanya sebagai konsumen informasi – yang bisa diakses secara luas baik melalui media cetak, televisi, dan internet.


Komentari

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iptek

Ke Atas
%d blogger menyukai ini: