Connect with us

Metrum

Ramadan di Kedalaman

RAMADAN bukan buih, Ramadan adalah mutiara.

Menahan diri bukan pekerjaan gampang. Untung saja ada bulan Ramadan. Selama bulan suci, pemeluk agama Islam wajib berpuasa. Bukan saja puasa lahiriah seperti menahan lapar dan dahaga, tetapi juga memelihara kesucian batin. Menjaga ibadah wajib dan memperbanyak ibadah sunat.
Salat Tarawih, kuliah subuh, tadarus, dan itikaf di masjid mewarnai aktivitas umat Islam di seluruh marcapada. Selama Ramadan, kaum muslim diajak meningkatkan kesolehan secara total.

Semua kompak menyuarakan kebaikan dengan penuh kegembiraan. Bukankah Ramadan juga seringkali diibaratkan bulan yang selalu membawa kabar gembira. Siapa pun yang diberi kesempatan untuk bertemu kembali dengan Ramadan patut bersyukur. Pasalnya, selama bulan istimewa itu, setiap orang bisa menikmati hikmahnya. Sekalipun bukan pemeluk Islam.

Ramadan seringkali disambut dengan sukacita yang berlebihan. Kegembiraan yang bersahaja bisa ternoda tanpa disadari. Bersukacita menyambut Ramadan sangat dianjurkan selama tidak kebablasan. Kegembiraan yang meluap, bisa menghilangkan substansi bila sudah lupa diri.

Setelah menahan lapar seharian, tentu akan sangat menikmati ketika berbuka puasa. Saat berbuka patut disambut dengan rasa syukur. Hidangan pun tidak jarang lebih istimewa ketimbang hari-hari biasa. Lengkap dari makanan pembuka sampai makanan berat.

Tetapi tanpa disadari, dijalani dengan cara yang berlebihan. Setiap hari tanpa disadari anggaran belanja rumah tangga membengkak. Kebutuhan selama bulan puasa mendadak jadi bengkak. Harga-harga kebutuhan pokok pun naik.

Menyambut Ramadan dengan gembira sangat dianjurkan. Tetapi bisakah bergembira dengan bersahaja? Bergembira yang tidak seperti buih, melainkan seperti mutiara di kedalaman.

foto Erwin R Widyagiri

Lanjutkan
Terkait...
1 Komentar

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Metrum

  • Metrum

    I will be missing You #TerimakasihPath

    KECERIAAN Friendster dan kehangatan Multiply telah berlalu. Layanan mikroblog dan blog dalam jaringan itu sudah bubar...

  • Lorong

    Pulitik Daun Hanjuang

    NGARANNA ogé hajat. Satutas lekasan mah layar-layar diturunkeun. Keun urang teundeun di handeuleum sieum, tunda di...

  • Metrum

    Perihal Kabar Pilkada

    GRUP Kabar Pilkada (KP) diluncurkan 8 Februari 2012, lima bulan menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota...

  • Metrum

    Hijrah Kala

    PERAYAAN tahun baru dari masa ke masa selalu disambut dengan hangat. Fakta itu tak bisa dibantah....

  • Metrum

    Orasi dan Puisi

    TAK ada angin tak ada hujan perbincangan para aktivis mahasiswa menukik tajam pada naluri paling dasar....

  • Metrum

    Rekognisi Desa

    LARIK-LARIK nyanyian Desaku karya Liberty Manik masih terngiang hingga kini. Lagu itu jadi andalan saat disuruh...

Ke Atas