Connect with us

Edukasi

SMAN 1 Rancah Gelar Expo Kelanjutan Studi


 

Drs H. Endang Syamsudin

CIAMIS, PriLM – Kepala SMAN 1 Rancah, Drs H. Endang Syamsudin memandang ajang sosialisasi Perguruan Tinggi ke sekolah, seringkali menggangu waktu proses belajar.

Menyikapi hal itu, pihak SMAN 1 Rancah berinovasi melakukan terobosan baru mengundang perguruan tinggi yang ada di Priangan Timur untuk presentasi pengenalan jenjang kependidikan. Paling tidak,  bisa menjadi alternatif sosialisasi perguruan tinggi yang dikemas dalam bentuk lain.  

Ajang yang digelar di Kec. Rancah Kab. Ciamis itu, bertajuk  Expo Kelanjutan Studi Siswa khusus kelas XII SMAN atau calon siswa lulusan baru.
Menurut Kepala SMAN 1 Rancah, Drs. H. Endang, dalam pameran itu pihaknya menampilkan tujuh stand, yaitu stand perguruan tinggi dari Universitas Galuh, stand Universitas Stikes Muhammadiyah, Stikes BP Banjar, IAID Darussalam Ciamis, STAI PUI Ciamis, Stikes BTH Tasikmalaya dan stan perguruan tinggi lainnya.

“Di stan masing-masing bisa menjelaskan kebijakan program perguruan tinggi se-Priangan Timur tersebut, meliputi pemerataan kesempatan pendidikan jenjang perguruan tinggi, peningkatan mutu serta relevansi, dan efisiensi manajemen pendidikan perguruan tinggi itu sendiri,” katanya.

Ia berharap kepada seluruh perguruan tinggi yang diundangn tersebut dapat memberikan keyakinan presentasi akan pentingnya kuliah setelah lulus dari SMAN/MAN nanti kepada para siswa.

Menurut H. Endang, sasaran dari kegiatan tersebut, untuk memotivasi minat siswa lulusan SMA/MAN untuk melanjutkan jenjang perguruan tinggi. “Biar para siswa lulusan nanti, dapat memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan cita-citanya siswa-siswi kami ini,” kata Endang kepada Priangan di sela-sela kegiatan tersebut.

Dalam expo ini juga, menurutnya, ditampilkan aneka potensi budaya dan kesehatan, di antaranya cek darah gratis, test darah gratis dan kesenian budaya Sunda, dan acara-acara yang menghibur lainnya. “Kami gelar expo ini sengaja untuk lebih meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian dan keterampilan untuk siswa-siswi kami agar bisa hidup mandiri dan dapat menyertakan diri mengikuti jenjang pendidikan lebih lanjut,” ujarnya.  

Hadir dalam kesempatan itu, kepala UPTD Pendidikan Rancah, perwakilan SMAN / MAN masing-masing sekolah yang diundang, perwakilan guru BP, pengurus Komite sekolah, unsur pengawas pendidikan dan perwakilan orang tua siswa kelas XII SMAN 1 Rancah serta perwakilan siswa-siswi tamu undangan dari sekolah lainnya.

Ketua Panitia Drs. Suherman, menandaskan kegiatan itu  bisa jadi ajang pengenalan diri jenjang pendidikan perguruan tinggi se-Priangan timur serta unjuk kemampuan perguruan tinggi dalam meraih minat siswa-siswi SMAN/ MAN calon lulusan baru.***


Lanjutkan

KAPOL

Terkait...
Komentari

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edukasi

Ke Atas
%d blogger menyukai ini: