Connect with us

Edukasi

SMPN 5 Segera Kirim 30 Siswa ke China


TASIK, PriLM – Sebanyak 30 siswa dan tiga guru RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) SMPN 5 Kota Tasik akan segera berkunjung ke China dalam program pertukaran pelajar dan guru.

Kegiatan itu bekerjasama  dengan High School of Hainan salah satu sekolah menengah yang sangat maju di China yang berada di bawah naungan Normal Hainan University.
Kepala RSBI SMPN 5 Kota Tasik, Drs. H. Dadang AP MM menjelaskan, pertukaran pelajar tersebut sebagai tindak lanjut dari perjalanan studi banding para Kepala RSBI mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA/sederajat di Jawa Barat ke China dari tanggal 2 hingga 10 Februali lalu.

Dadang menambahkan, siswa yang akan dikirim, dalam tahap pertama  jumlahnya direncanakan 30 orang ditambah tiga orang guru pembimbing dengan waktu belajar di China selama tiga bulan. Para siswa tersebut berasal dari Kls VII dan VIII, akan dijaring lewat seleksi. “Para siswa yang akan dikirim ke China selain pintar juga harus mampu berbahasa Inggris dan bahasa Mandarin, agar tidak canggung ketika berada di China,” jelasnya.
Dalam waktu dekat, kata Dadang, pihaknya akan mempersiapkan segala sesuatunya, seperti sosialisasi kepada para siswa dan orangtua wali karena menyangkut ijin dan biaya yang harus disiapkan terutama untuk biaya transportasi.

“Sementara biaya pendidikan akomodasinya ditanggung oleh Pemerintah China. Kami pun berharap ada bantuan dari pihak pemerintah karena para siswa yang dikirim merupakan duta untuk mempromosikan budaya, seni dan bahasa kita sesuai dengan yang tercantum dalam kesepakatan,” katanya.

Drs. H. Dadang AP, MM merupakan satu-satunya kepala SMP Kota Tasik yang mengikuti studi banding ke China. Kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi dari kesepakatan peningkatan kerjasama antara Dinas Pendidikan Prov. Jawa Barat dengan Dinas Pendidikan Hainan China.


Lanjutkan

KAPOL

Terkait...
Komentari

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edukasi

Ke Atas
%d blogger menyukai ini: