Connect with us

Iptek

Tasik Cyber Goes to School


aldyzLENGKAP. Kaum muda aset Kota Tasikmalaya di dunia cyber itu terus bergerak. Paling tidak, dalam sebulan mereka punya agenda rutin untuk berdiskusi. Mempertajam cakrawala yang digelutinya. Menjelang akhir tahun, Sabtu (22/12/2012) bertempat di Redaksi HU. Kabar Priangan, senarai rencana yang akan digulirkan tahun 2013 dibahas tuntas.

Ketua Tasik Cyber (TC), Aldy Frz, mengemban tugas penting untuk mengembangkan sayap komunitas. Terutama di kalangan pelajar.

“Usai liburan semester ini, kita akan road show ke sekolah-sekolah. Sekarang sedang dipersiapkan, mulai dari konten yang akan dishare kepada para pelajar hingga merancang usulan program kepada pihak-pihak yang akan mendukung kegiatan kami,” katanya.

Rencananya, peserta Tasik Cyber Sharing Class (TSC) ini gratis. “Peserta tidak dipunggut biaya alias gratis. Tetapi kami memerlukan anggaran untuk kelancaran kegiatan tersebut. Usulan program atau proposal yang kami rancang ini diajukan ke pihak-pihak yang bisa mendukung acara kami,” ujar Aldy.

Materi yang akan diberikan di antaranya pengenalan komunitas Tasik Cyber dan etika hacking yang ditangani langsung Ketua TC Aldy Frz, cloud computing (Rizqy Jeni), android (Angga Juniar), transaksi online (Dharmo), robot (Maunc Team), seluk beluk macinthos (Indra), dan yang tak kalah penting cyber war yang akan difasilitasi seluruh tim TC.

Agenda dalam waktu dekat, terkait dengan cyber security, akan dibahas secara mendalam tentang digital forensic, dan akan mengundang pihak kepolisian.

Selain membahas rancangan program kerja, Aldy berbagi tentang Short Message Service (SMS) Gateway. Aplikasi untuk mengirim SMS secara massal. “Prinsipnya seperti send all, tetapi lebih cepat dan terkendali,” katanya. Perangkat yang digunakan, menurut Aldy, Personal Computer (PC), modem, XAMPP, Gammu, dan Kalkun.

Langkahnya instal semua software, atur konfigurasinya dan hubungkan antar software tersebut. “Buat akun, masukan nomor yang akan dikirim dalam phonebook, lalu kirim pesan,” katanya. Cara ini terbilang efektif, karena lebih cepat, hemat, dan terkendali. Tetapi, tentunya tetap harus menggunakan pulsa.


7 Komentar

7 Komentar

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iptek

Ke Atas
%d blogger menyukai ini: