Connect with us

Metrum

Ada Anak Bertanya pada Bapaknya

Zim

PERUT tak bisa menunggu. Lapar dan dahaga ada batasnya. Makan dan minum reaksi tanpa harus dipelajari. Naluri. Perut kosong harus diisi.

Jadi ingat lagu Bimbo. Ada anak bertanya pada bapaknya, buat apa berlapar-lapar puasa. Lirik yang amat sederhana. Tapi selalu kontekstual.

Sang anak yang lugu itu terus bertanya. Tadarus dan tarawih apalah gunanya. Tak seperti hari biasa. Saat Ramadan tiba masjid dimakmurkan.

Nyanyian Bimbo yang dirilis ulang Gigi itu langsung menohok. Selain menghibur juga menjadi ajaran. Puasa artinya empati. Lapar mengajarmu rendah hati.

Tadarus bukan sekadar membaca, tapi semestinya lebih mendalami. Menuai arti untuk dimengerti. Selalu tadarus artinya memahami kitab suci.

Seperti salat malam pada hari biasa. Keheningan mengendapkan kegelisahan. Fokus menenggelamkan diri. Tarawih mendekatkan diri pada Ilahi.

Puasa secara perlahan menjadi media penghubung. Tahapan sikap batin yang dikenal masyarakat Sunda. Harti, surti, bukti, bakti, dan jati.

Membaca kehidupan. Mengurai tanda-tanda menjadi berarti. Langkah pertama untuk menjalani hidup. Proses perjalanan eksistensial. Harti.

Mengetahui ajaran hidup saja tak cukup. Nilai-nilai itu bukan untuk dihapal, melainkan untuk dimaknai. Syaratnya harus dimengerti. Surti.

Bila sudah dipahami, baru diyakini. Mendasari prilaku. Dirasakan sekitar. Alam, sesama, dan Mahakuasa. Menjadi sikap diri. Nyata. Bukti.

Perlahan tapi pasti. Melekat dalam pribadi. Setiap langkah dilandasi pengetahuan. Amal dibarengi dengan ilmu. Menebar kebaikan. Bakti.

Tahap selanjutnya nilai-nilai yang sudah dipahami dan diamalkan itu memperkuat kedirian seseorang. Menuju kesejatian diri. Jati. Diri.

Puasa dan jati diri, dua variabel yang saling berhubungan dan menguatkan. Puasa kawah candradimuka seseorang untuk menemukan jati diri.

Layaknya bertirakat. Puasa tak perlu diwarnai unsur drama artifisial. Jalani dengan sunyi tak usah bising. Lihat langit luas yang indah.

Ada anak bertanya pada bapaknya. Buat apa berlapar-lapar puasa. Lapar mengajarmu rendah hati selalu. Kerendahatian adalah kesejatian.

1 Komentar

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Metrum

  • Lorong

    Pulitik Daun Hanjuang

    NGARANNA ogé hajat. Satutas lekasan mah layar-layar diturunkeun. Keun urang teundeun di handeuleum sieum, tunda di...

  • Metrum

    Perihal Kabar Pilkada

    GRUP Kabar Pilkada (KP) diluncurkan 8 Februari 2012, lima bulan menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota...

  • Metrum

    Hijrah Kala

    PERAYAAN tahun baru dari masa ke masa selalu disambut dengan hangat. Fakta itu tak bisa dibantah....

  • Metrum

    Orasi dan Puisi

    TAK ada angin tak ada hujan perbincangan para aktivis mahasiswa menukik tajam pada naluri paling dasar....

  • Metrum

    Rekognisi Desa

    LARIK-LARIK nyanyian Desaku karya Liberty Manik masih terngiang hingga kini. Lagu itu jadi andalan saat disuruh...

  • Metrum

    Berkarya dan Mengabdi

    PERJALANAN tak cuma menempuh jarak, tetapi juga menata gerak dan waktu yang menentukan titik balik eksistensi....

Terhangat

SELAMAT berakhir pekan. Kalo lagi boké, kita seténg-seténg aja, Braderjon! youtu.be/qCicAV2aPVE

About 15 hours ago from Duddy RS | Solilokui's Twitter via Twitter for Android

Ke Atas