Connect with us

Metrum

Bercanda dengan Bayangan


BERCANDA dengan bayangan. Ilusi kenyataan. Semula sekadar menjajal isu liar. Diapungkan ke ruang publik menjadi perbincangan yang hangat.

Bayangan tak bisa dilepaskan. Dikejar berlari, dibiarkan diam terpaku. Saat berpaling pergi, bayangan akan mengikuti. Mengajak bermain.

Jelas. Menandaskan bayangan bersifat semu atau maya. Bisa dilihat tapi tak bisa ditangkap. Bayangan dalam cermin sekalipun cuma pantulan.

Jatuh cinta pada bayangan menyakitkan. Ada padahal tiada. Menyintai kenyataan lebih berguna, ketimbang hanyut mengikuti arah rambat ilusi.

Dihantui bayangan bisa dialami siapapun. Saat seseorang merasa tidak percaya diri, bisa jadi salah satu pertanda. Hilang kedirian. Galau.

Sisi pandang fisika merumuskan bayangan sebagai ruang gelap di belakang benda yang tidak disinari. Ada yang pekat adapula yang remang-remang.

Gelap secara fisika tidak sesederhana kehilangan cahaya secara sosial. Kegelapan yang menimpa sekumpulan orang lantaran diliputi bayangan

Keremangan yang disebabkan prakira atau praduga. Prediksi yang dihembuskan opini secara masif. Menyihir dan menyesatkan. Gampang menyulut.

Pencitraan rawan bayangan semu. Pencitraan rawan penyamaran. Informasi yang terang benderang menjadi remang-remang. Bisa juga sebaliknya.

Seperti ada padahal kosong. Gelap. Tak usah berkecil hati. Bayangan toh sebuah permainan. Bukan untuk ditakuti tetapi untuk dimengerti. ***

Sent from my Windows 10 phone


Continue Reading
Advertisement
Komentar

Tinggalkan Balasan

Metrum

  • Metrum

    Pesan Fabel

    Sejak dini dikenalkan pada imajinasi. Fiksi lama yang tersebar luas secara lisan. Hewan berperilaku seperti manusia....

  • Metrum

    Persimpangan Jalan Media

    Menjelang Hari Pers Nasional Ada dua pandangan saling menghampiri. Karena semakin dekat, keduanya bisa saling mempengaruhi....

  • Metrum

    Puisi di Ruang Publik

    Bayangkan, hidup kita tanpa kesenian. Tanpa musik, nyanyian, dan tarian. Bayangkan, jika hidup tanpa tontonan, tanpa...

  • DIARY

    Soempah Pemoeda Milenial

    Diskusi terfokus ikhwal relevansi Soempah Pemoeda era milenial, digelar di Redaksi H.U. Kabar Priangan, Senin (29/10/2018)....

  • DIARY

    Menyambungkan Rasa

    Menyambungkan rasa itu penting. Butuh totalitas. Apalagi saat kita bergerak di dunia yang harus dihayati dan...

Advertisement WordPress.com

Disadari atau tidak, majas melekat dengan keseharian. Saat ngobrol di kedai kopi, lahir perbandingan untuk menjelaskan gagasan. Kiasan mengalir, mempertegas efek. Menghidupkan imajinasi.… instagram.com/p/Bt8eGDDBe9l/…

Yesterday from Duddy RS | Solilokui's Twitter via Instagram

To Top