Connect with us

Metrum

Berkarya dan Mengabdi


PERJALANAN tak cuma menempuh jarak, tetapi juga menata gerak dan waktu yang menentukan titik balik eksistensi. Ada dan diakui. Menjadi bagian penting dalam sejarah. Berkarya dan mengabdi.

Selama 18 tahun, Harian Umum Kabar Priangan (Grup Pikiran Rakyat) hadir merumuskan percakapan publik. Membuka ruang warga untuk menuangkan pemikiran. Berpartisipasi mendorong perubahan sosial ke arah yang lebih baik.

Bahkan berkampanye mengajak komunitas agar melek media. Mendampingi masyarakat untuk menjadi pembaca yang kritis dan terlibat dalam proses kreatif.

Jurnalisme partisipatif, diharapkan menjadi gerakan untuk berkarya sekaligus mengabdi. Menanggalkan sikap partisan, mencermati persoalan dari sisi pandang yang beragam. Fokus pada solusi, mencerminkan pendekatan yang membangun ketimbang mengelu-elukan atau menyudutkan satu pihak.

Perkembangan media digital salahsatu situasi serius yang harus disikapi. Kehadiran teknologi baru mesti dipahami dengan sangat matang.

Warga kini punya cara baru berinteraksi dengan media. Dunia maya semakin ke depan dan mendapat pengakuan luas. Menciptakan media baru dalam jaringan yang lebih lengkap ketimbang saluran berita cetak arus utama.

Interaksi dengan warga harus dipertajam dengan mendorong jurnalisme partisipatif sebagai cara untuk mewadahi gagasan, pengamatan, dan ekspresi masyarakat.

Langkah itu tidak hanya mendemokrasikan media tetapi juga menghidupkan media. Membuka ruang diskusi di redaksi, dengan pendekatan yang populis. Menampung dan merumuskan aspirasi berbagai kalangan, kemudian dimediakan.

Berkarya bersama warga, mengabdi demi kepentingan yang lebih luas.
Dirgahayu HU. Kabar Priangan. Rahayu, bagja, waluya.


Komentari

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Metrum

  • Metrum

    Orasi dan Puisi

    TAK ada angin tak ada hujan perbincangan para aktivis mahasiswa menukik tajam pada naluri paling dasar....

  • Metrum

    Rekognisi Desa

    LARIK-LARIK nyanyian Desaku karya Liberty Manik masih terngiang hingga kini. Lagu itu jadi andalan saat disuruh...

  • Metrum

    Dialog Semesta

    BERDIALOG dengan semesta. Sepintas seperti orang gila. Bahkan sangat tipis dengan kesesatan. Lalu sering disalahpahami dan...

  • Metrum

    Intelektual Organik

    DESA adalah kekuatan. Ungkapan itu tajam. Menjadi larik dalam sebuah nyanyian Iwan Fals. Membuka mata banyak...

  • Metrum

    Gara-gara Konflik

    KEDAMAIAN tak mengenal kebohongan. Pertarungan sejatinya menjadi ruang artikulasi yang sehat. Arena mengasah batin. Melahirkan kesatria....

  • Metrum

    Pemulihan Psikologis

    ​ GEBYAR pemilihan kepala daerah (pilkada), selalu menarik perhatian. Lebih kuat ketimbang ajang mencari bintang dunia...

Ke Atas
%d blogger menyukai ini: