Connect with us

Metrum

Bukan Sekadar Simbol

duddy-syarif

IDENTITAS kota bisa diartikulasikan dengan berbagai cara. Tidak cuma mengedepankan simbol-simbol. Masyarakat terus berkembang. Dinamis.

Penegasan identitas kolektif disaring dari segala sektor. Mengangkat nilai-nilai terbaik yang dimiliki masyarakat. Dikenal dan dipikirkan.

Tidak mudah menyerap gambaran yang mencerminkan ciri khas dan asli. Lalu diakui menjadi milik masyarakat. Menjadi objek estetika bersama.

Pengakuan lama tentang julukan kota sudah menetap. Tasik Kota Santri. Mempertahankan identitas tak gampang. Membedah fakta. Membaca data.

Kisi-kisi identitas bisa dirumuskan kembali. Muhasabah. Direnungkan dan digugat. Setelah sekian lama menjadi ketetapan. Perluas cakrawala.

Tak dipungkiri. Masyarakat adalah sebuah narasi. Memiliki daya untuk bercerita. Diciptakan atau dimusnahkan. Disuarakan ataukah dibungkam.

Selalu ada dua sisi yang membayangi sebuah cerita. Baik dan buruk. Baik bernilai tinggi dan membanggakan. Layak dikenang. Menjadi ajaran.

Sedangkan keburukan bernilai rendah. Harus disingkirkan. Aib. Memalukan. Baik dan buruk menjadi hukum. Rambu-rambu tatanan sosial. Norma.

Jika masyarakat adalah sebuah cerita, kota tempat bermukim pun menjadi bagian dari perjalanan kisah. Kota sebagai panggung. Latar tempat.

Eksistensi kota tergantung pada apa yang dipikirkan dan diucapkan warganya. Obrolan di pos ronda bisa memotret keberadaan dengan aktual.

Kota dalam tuturan saja tak cukup. Identitas mesti diperkuat dengan karya. Pikiran, ucapan, dan karya menegaskan eksistensi diri sejati.

Karya warga yang bernilai, lambat-laun akan mencapai puncak. Kemudian menjadi sumbu yang menyalakan kesadaran secara kolektif. Inspiratif.

Sumbangsih warga yang konsisten berkarya di bidangnya tak bisa diabaikan. Mereka layak diberi tempat dan dihargai. Penting diapresiasi.

Warga yang memiliki prestasi kekayaan kreatif menonjol diakui secara lokal, nasional, bahkan mancanegara sejatinya masuk direktori terhormat.

Kreativitas warga yang menggerakkan bakal mewarnai identitas kota.  Berpengaruh positif bagi masyarakat luas. Mengharumkan nama daerah. Mempertahankan nilai-nilai terbaik.

Komentari

Tinggalkan Balasan

Metrum

  • Metrum

    I will be missing You #TerimakasihPath

    KECERIAAN Friendster dan kehangatan Multiply telah berlalu. Layanan mikroblog dan blog dalam jaringan itu sudah bubar...

  • Lorong

    Pulitik Daun Hanjuang

    NGARANNA ogé hajat. Satutas lekasan mah layar-layar diturunkeun. Keun urang teundeun di handeuleum sieum, tunda di...

  • Metrum

    Perihal Kabar Pilkada

    GRUP Kabar Pilkada (KP) diluncurkan 8 Februari 2012, lima bulan menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota...

  • Metrum

    Hijrah Kala

    PERAYAAN tahun baru dari masa ke masa selalu disambut dengan hangat. Fakta itu tak bisa dibantah....

  • Metrum

    Orasi dan Puisi

    TAK ada angin tak ada hujan perbincangan para aktivis mahasiswa menukik tajam pada naluri paling dasar....

  • Metrum

    Rekognisi Desa

    LARIK-LARIK nyanyian Desaku karya Liberty Manik masih terngiang hingga kini. Lagu itu jadi andalan saat disuruh...

Ke Atas