Connect with us

Lorong

Fenomena Gunung Es Kekerasan pada Anak


KASUS pembunuhan bocah Angeline di Bali menyita perhatian publik. Masih hangat juga, kasus penelantaran dan kekerasan terhadap lima anak di daerah Cibubur, Mei lalu. Utomo dan Indria, kedua orang tua lima anak itu ditetapkan menjadi tersangka.

Selang beberapa lama, seorang anak di Bali dinyatakan hilang. Kasus itu langsung merebak. Apalagi belakangan diketahui Angeline tewas dibunuh dan sempat mengalami kekerasan seksual.

Kasus kekerasan pada anak, ditenggarai tidak terungkap semua. Fenomena gunung es. Di Priangan Timur pun kasus itu pernah terjadi. Tidak tanggung-tanggung, sedikitnya 47 anak warga Kampung Nagrog, Desa Padasuka, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya divisum demi penyelidikan kasus sodomi yang menghebohkan pada penghujung tahun 2014 silam. Seorang guru sukwan, diduga telah menyodomi 29 muridnya yang masih di bawah umur.

Baru-baru ini di Kota Tasikmalaya, tersiar kembali dugaan kekerasan seksual pada bocah laki-laki berusia delapan tahun. Bila dugaan itu terbukti, sungguh mencengangkan. Lantaran pelaku kekerasan seksual pada anak itu diduga dilakukan oleh teman sekelas.

Kekerasan pada anak terus terjadi dan sulit dihentikan. Selama ini, urusan anak dipandang masyarakat sebagai masalah pribadi keluarga. Sekali pun mengetahui ada kasus kekerasan, umumnya bungkam. Lantaran, khawatir dikira mencampuri urusan orang lain.

Sebelum kasus menggegerkan terjadi di lingkungan kita, pembiaran seperti itu sudah saatnya ditanggalkan. Banyak peristiwa yang bisa dianggap sebagai sirine bagi pemerintah, aparat, dan masyarakat. Selamatkan anak-anak kita.


Lanjutkan

KAPOL

Terkait...
Komentari

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lorong

  • Lorong

    Kesinambungan Bantuan Bencana

    MESTI dirancang program bantuan yang menyentuh kesinambungan hidup para pengungsi. Pemberdayaan ekonomi korban bencana menjadi sangat...

  • Lorong

    Hijrah: Lahir dan Batin

    HARI Jumat, 24 Juli 2015, malam terakhir awak redaksi berpacu dengan tenggat waktu di kantor lama,...

  • Ekbis

    APBD Prorakyat

    SUDUT pandang yang berbeda antara komposisi belanja langsung dan belanja tidak langsung seringkali menjadi perdebatan birokrasi...

  • Lorong

    Impresi Laksana

    KAMI pernah merasakan kegetiran saat fluktuasi rupiah jumpalitan hingga titik terendah. Tahun 1997, deregulasi uang ketat...

  • Lorong

    Love Games

    DARI larik pertama sampai terakhir. Setiap kata dan ritma sama-sama menggairahkan. Cabikan bas Mark King langsung...

  • Lorong

    Fading Like a Flower

    LOVE is blind. Ungkapan lusuh yang sering kudengar saat duduk di bangku SMA. Ketika itu, tak...

Ke Atas
%d blogger menyukai ini: