Connect with us

Metrum

Fleksibilitas


mbangunKESELARASAN pikiran dan perasaan tidak selalu terjaga secara simultan. Keduanya acapkali saling mempengaruhi. Bahkan saling mengabaikan.

Kompromi antara akal sehat dan emosi, lantas berterima pada suatu kondisi jarang sempurna. Lumrah bila kesenjangan terjadi di mana-mana.

Kesenjangan antara idealitas dan realitas. Gambaran ideal yang diinginkan, faktanya bisa jauh panggang dari api. Persoalan pun terjadi.

Benturan realitas subjektif dan realitas objektif sulit dihindari. Sama sulitnya membendung benturan kebijakan murni analisa dan politis.

Hasil analisa yang cenderung ilmiah dan objektif bisa rontok di tengah jalan. Ada campur tangan kepentingan sahwat sesaat. Simsalabim.

Menyelami realitas yang tidak selalu selaras dengan idealitas memerlukan kelenturan sikap. Mencari celah di garis tengah. Fleksibilitas.

Sekali waktu orang dituntut bersikap agresif. Memaksakan kehendak. Mempengaruhi orang yang semula berbeda haluan menjadi satu haluan.

Sekali waktu orang harus kompromi. Bersikap asertif. Bersepakat. Membangun kesepahaman. Saya okay orang lain pun okay. Win-win solution.

Sekali waktu orang malah harus mengalah. Mundur teratur. Sikap submisif diperlukan demi menjaga pikiran agar tetap dingin. Cooling down.

Bak bermain sepakbola. Mengatur bola pikiran agar stamina terjaga dan tetap sehat. Lalu menggiringnya ke depan. Melesakkan bola. Menciptakan gol.

Banyak persoalan yang tidak masuk akal, tapi lahir dari sebuah alasan. Tak melulu hitam dan putih. Benar atau salah.


Continue Reading
Advertisement
Komentar

Tinggalkan Balasan

Metrum

  • Metrum

    Pesan Fabel

    Sejak dini dikenalkan pada imajinasi. Fiksi lama yang tersebar luas secara lisan. Hewan berperilaku seperti manusia....

  • Metrum

    Persimpangan Jalan Media

    Menjelang Hari Pers Nasional Ada dua pandangan saling menghampiri. Karena semakin dekat, keduanya bisa saling mempengaruhi....

  • Metrum

    Puisi di Ruang Publik

    Bayangkan, hidup kita tanpa kesenian. Tanpa musik, nyanyian, dan tarian. Bayangkan, jika hidup tanpa tontonan, tanpa...

  • DIARY

    Soempah Pemoeda Milenial

    Diskusi terfokus ikhwal relevansi Soempah Pemoeda era milenial, digelar di Redaksi H.U. Kabar Priangan, Senin (29/10/2018)....

  • DIARY

    Menyambungkan Rasa

    Menyambungkan rasa itu penting. Butuh totalitas. Apalagi saat kita bergerak di dunia yang harus dihayati dan...

Advertisement WordPress.com

Disadari atau tidak, majas melekat dengan keseharian. Saat ngobrol di kedai kopi, lahir perbandingan untuk menjelaskan gagasan. Kiasan mengalir, mempertegas efek. Menghidupkan imajinasi.… instagram.com/p/Bt8eGDDBe9l/…

Yesterday from Duddy RS | Solilokui's Twitter via Instagram

To Top