Connect with us

Ekbis

Hanya 26 % Koperasi Gelar RAT

ek1TASIK, Priangan – Dari jumlah sekitar 415 koperasi di wilayah Kota Tasikmalaya, tercatat 110 koperasi di antaranya yang mampu melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT). Sisanya sekitar 305 koperasi masih belum bisa melaksanakan RAT dengan berbagai alasan dan argumen.

 

Kabid Koperasi Dinas KUKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Tasikmalaya, Cecepo Hendrik, SE didampingi Kasi Organisasi Manajemen Koperasi, Gito Wagianto, SIP mengatakan, koperasi yang belum bisa melaksanakan RAT itu senantiasa menyampaikan beberapa alasan di antaranya karena koperasi yang bersangkutan belum melaksanakan RAT-nya, ada juga koperasi yang hanya memberikan laporan saja kepada para anggotanya.

 

“Ada juga koperasi yang keberadaannya hidup segan mati tak mau, sehingga mereka sulit melaksanakan RAT,” kata Cecep Hendrik usai penyuluhan terhadap KSU (koperasi serba usaha) “Indjar” di RM Batara Nusantara, Jumat (19/2) sore kemarin.

 

Namun demikian, kendati masih banyak pengurus koperasi yang belum bisa melaksanakan RAT, pertumbuhan koperasi baru masih terus berkembang. Sebagai contoh, pendirian dan pembetukan pengurus KSU “Indjar” tersebut.

 

Menurut Ketua Dewan Pengawas KSU “Indjar”, H Irawan, sebenarnya koperasi yang dipimpinan sejak tahun 1994 berdiri dengan bidang usaha sewa menyewa alat berat yang dikelola oleh keluarga. Dengan modal awal antara Rp 50 juta hingga 75 juta, koperasi tersebut kemudian berkembang dan pada 2006 membuka usaha konter HP, dan pada 2009 usaha air mineral. “Koperasi tersebut sudah memiliki SIUP dan TDP, kendati belum berbadan hukum,” kata H Irawan.

 

Untuk itu, sebagai upaya terhadap pengembangan koperasi, maka Jumat kemarin dilakukan penyuluhan koperasi dari Dinas KUKM, Perindustrian, dan Perdagangan, sekaligus pelantikan ketua dan pengurus baru KSU “Indjar”. Berdasarkan rapat anggota, susunan pengurus koperasi tersebut terdiri dari Dewan Penasihat, H Irawan, dan anggota Amin. Kemudian Ketua dipercayakan kepada Novita Mulyasari Dewi SIP, Sekretaris Yayah, dan Wakil Sekretaris, Indriani MSi, dan Bendahara Dimas Maulana.

 

ill.bibomedia.com

Lanjutkan
Terkait...
Komentari

Tinggalkan Balasan

Ekbis

Ke Atas