Connect with us

Jurnalisme

Hard News dan Soft News

fresh-wild-flat-nectarinesTOPIK sangat menentukan jenis berita. Peristiwa yang mencekam dan membuat urat syaraf tegang biasanya disuguhkan dalam bentuk berita keras (hard news). Berita keras adalah berita hari ini.

Biasanya langsung menohok ke jantungnya. Berita hukum, kriminal, bisnis, dan politik acapkali menjadi topik berita keras dan sering ditemukan di halaman muka surat kabar, portal berita, atau breaking news televisi. Berita keras biasanya ditulis agar pembaca mendapatkan informasi terpenting sesegera mungkin.

Aksi mogok pengusaha tahu dan tempe yang disusul oleh bandar ayam ras, yang menjadi topik hangat tempo hari menyebabkan konsumen tahu, tempe, dan daging ayam merasa kehilangan adalah sebuah berita keras. Peristiwanya aktual, kontroversial, dan berdampak luas. Warga sangat memerlukan informasi ihwal itu, lantaran berdampak pada kehidupan mereka.

Bandingkan dengan kisah bos tahu dan tempe yang dibesarkan di rumah yatim piatu. Tulisan tentang perjalanan hidup ini a cocok disuguhkan dalam berita lunak (soft news) atau populer juga dengan istilah feature. Kisah sukses yang akan menjadi inspirasi. Tulisan ini tidak mendesak atau harus segera diterbitkan. Waktunya lebih longgar berbeda halnya dengan berita keras (hard news) yang harus disegerakan.

Kisah sukses itu digolongkan ke dalam berita feature atau tulisan khas. Topiknya bisa tentang gaya hidup, rumah tangga dan keluarga, seni, atau hiburan.Surat kabar yang lebih hesar bahkan punya seksi mingguan untuk jenis feature, tulisan khas seperti makanan (kuliner), kesehatan, pendidikan dan sebagainya.

Topik bukanlah satu-satunya hal yang membedakan antara berita keras dan feature. Tetapi gaya penulisan pun bisa menjadi ciri yang membedakan berita lunak dan keras. Berita keras dan berita lunak ditulis dengan gaya yang berbeda. Penulis feature sering memulai dengan sebuah anekdot atau sebuah contoh yang dirancang terutama untuk menarik minat pembaca, sehingga kisahnya mungkin lebih panjang untuk sampai ke topik utamanya.

Beberapa berita memadukan kedua pendekatan ini. Berita yang tidak begitu peka waktu tapi yang berfokus pada isu-isu penting sering disebut “feature berita”.

1 Komentar

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Jurnalisme

Terhangat

RT @AiNurhidayat Suasana di @SMK_Baktikarya @Multikultural di tengah training Implementasi Kurikulum 2013. @ SMK Bakti Karya Parigi instagram.com/p/BmU7B_xHUyTF…

About 3 days ago from Duddy RS | Solilokui's Twitter via Twitter for Android

Ke Atas