Connect with us

Metrum

Intelektual Organik


DESA adalah kekuatan. Ungkapan itu tajam. Menjadi larik dalam sebuah nyanyian Iwan Fals. Membuka mata banyak orang. Desa kembali dilirik.

Desa tidak identik dengan kampungan. Era terbuka telah melipat jarak. Desa menjadi bagian penting pergaulan global. Latar sumber daya.

Bukan saja menjadi sumber daya alam organik, desa bisa menjadi sumbu gerakan intelektual yang organik pula. Para sarjana pulang ke desa.

Seperti kata filsuf Italia, Antonio Gramsci, intelektual organik bisa membebaskan kaum tertindas. Menyentuh jantung persoalan masyarakat.

Sarjana desa mesti bangkit. Jadi lokomotif yang menarik gerbong harta karun desa. Sumber daya alam dan manusia. Mandiri. Tidak tergantung.

Sarjana desa organik berbeda dengan sarjana konvensional. Intelektual organik bukan intelektual tradisional. Semata mencari pekerjaan.

Melepaskan diri dari hegemoni kekuasaan, lantas melibatkan dirinya langsung dengan mereka yang tertindas. Sarjana desa harapan bangsa.

Sarjana memanggul tanggung jawab moral intelektual. Tidak melulu mahir teori dan diskusi. Tetapi mesti membumikan refleksi menjadi aksi.

Sarjana dan desa. Dua sumber daya yang saling melengkapi. Sarjana mendampingi desa bukan perkara baru. Mestinya sekarang sudah berbuah.

Masalah klasik. Belenggu intelektual tradisional yang cenderung menjadi apa, bukan menjadi siapa. Saatnya menjadi sarjana desa organik. ***


Komentari

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Metrum

  • Metrum

    Orasi dan Puisi

    TAK ada angin tak ada hujan perbincangan para aktivis mahasiswa menukik tajam pada naluri paling dasar....

  • Metrum

    Rekognisi Desa

    LARIK-LARIK nyanyian Desaku karya Liberty Manik masih terngiang hingga kini. Lagu itu jadi andalan saat disuruh...

  • Metrum

    Berkarya dan Mengabdi

    PERJALANAN tak cuma menempuh jarak, tetapi juga menata gerak dan waktu yang menentukan titik balik eksistensi....

  • Metrum

    Dialog Semesta

    BERDIALOG dengan semesta. Sepintas seperti orang gila. Bahkan sangat tipis dengan kesesatan. Lalu sering disalahpahami dan...

  • Metrum

    Gara-gara Konflik

    KEDAMAIAN tak mengenal kebohongan. Pertarungan sejatinya menjadi ruang artikulasi yang sehat. Arena mengasah batin. Melahirkan kesatria....

  • Metrum

    Pemulihan Psikologis

    ​ GEBYAR pemilihan kepala daerah (pilkada), selalu menarik perhatian. Lebih kuat ketimbang ajang mencari bintang dunia...

Ke Atas
%d blogger menyukai ini: