Connect with us

Komunitas

Jejak Forum Guru Menulis

EMPAT tahun berlalu. Perbincangan hangat di Saung Gunung Jati masih bergema. Saat itu terbuka tabir kegelisahan. Para guru yang gemar menulis berkumpul. Berdiskusi ikhwal kanal yang bisa mengalirkan karya. Berangkat dari kesadaran, proses kreatif harus ditumbuhkan bersama. Guyub.

Menuangkan gagasan ke dalam tulisan bisa dilakukan siapapun. Sewajarnya. Kaidah penulisan bisa didalami kemudian. Mempertajam teknik dan gaya menulis sejalan dengan proses kreatif seseorang. Langkah itu bisa dilakukan secara senyap. Sendirian atau berkelompok. Asal ada keinginan.

Keinginan saja tidak cukup. Mesti dibarengi dengan kreativitas melahirkan karya. Keinginan, kreativitas, dan karya. Alur cerita yang dibangun saat Forum Guru Menulis (Gumeulis) dideklarasikan waktu itu. Titik keberangkatan sederhana tetapi serius. Berkonsekuensi tindak lanjut.

Mendirikan forum tidak sekadar uforia. Persesuaian langkah selanjutnya dijalani dengan konsisten. Forum harus berdampak. Gerakan menggali energi potensial para anggota. Kekuatan tersembunyi diwujudkan menjadi kenyataan. Jangan sampai usai forum didirikan layar kembali diturunkan.

Tak dipungkiri ada kekhawatiran forum layu sebelum layar terkembang. Namun selama empat tahun berjalan, waswas itu hilang. Forum Guru Menulis masih tegak. Kado setiap tahun selalu mengejutkan. Kali ini tidak hanya kue berbunga yang dipotong. Tapi meluncurkan karya bersama. Jejak.

Perjalanan eksistensial sekaligus esensial. Sejak mengisi rubrik Guru Menulis di Grup Pikiran Rakyat Harian Umum Kabar Priangan sampai menerbitkan Jurnal Inskripsi. Selain itu sangat menggembirakan, para guru pun menerbitkan bukunya secara pribadi. Lengkap sudah. Kanalisasi karya.

Empat tahun berlalu. Perbincangan hangat di Saung Gunung Jati masih bergema. Semakin tegak. Forum Guru Menulis kini mengukuhkan diri menjadi yayasan. Bertepatan dengan hari ulang tahun keempat, 27 Februari 2019. Melengkapi lahirnya antologi Jejak. Selamat. Menulislah dengan gembira.

Diskusi di Facebook
Continue Reading
Advertisement
Komentar

Tinggalkan Balasan

Advertisement WordPress.com
To Top