Connect with us

Metrum

Keselarasan


TIAP orang punya sudut pandang berbeda. Justru perbedaan bisa menciptakan keselarasan. Seperti nyanyian dilahirkan senarai keragaman nada.
Malah janggal, bila semua isi kepala seragam. Seperti nyanyian satu tangga nada. Setiap ketukan datar, tanpa komposisi irama. Membosankan.

Ragam musik lahir. Ada yang tradisional, modern, dan kontemporer. Tradisional cenderung terbatas, sedangkan modern lebih luas penikmatnya.

Gerakan kontemporer bisa mengawinkan tradisi dan modern. Tak perlu ada pertentangan antara lama dan baru. Indahnya konvensi dan inovasi.

Bangsa Indonesia saat ini membutuhkan pendidikan nasional yang melahirkan pengetahuan dan keterampilan untuk hidup bermakna dan harmonis.

Lebih dari 200 suku bangsa, tersebar di 17.000 pulau berbeda adat dan keyakinan. Sejarah panjang mempertahankan persatuan dan keragaman.

Fakta itu menampilkan kubangan sosial yang sulit dibantah. Pemahaman silang etnis dan agama menanamkan sikap positif sebagai warga negara.

Pendidikan multikultural menjadi kebutuhan untuk menyikapi keragaman. Agar tidak terpeleset ke lembah konflik sara yang liar membabibuta.

Kearifan lokal mengajarkan kemuliaan secara turun temurun. Pemartabatan manusia. Prinsip hidup. Kecenderungan manusia pada keagungan.

Kebudayaan dinamis. Terus berubah. Seiring perkembangan zaman melahirkan tafsir mutakhir. Menyuburkan taman dialog yang berkesinambungan untuk menemukan keselarasan.


Continue Reading
Advertisement
Komentar

Tinggalkan Balasan

Metrum

  • Metrum

    Pesan Fabel

    Sejak dini dikenalkan pada imajinasi. Fiksi lama yang tersebar luas secara lisan. Hewan berperilaku seperti manusia....

  • Metrum

    Persimpangan Jalan Media

    Menjelang Hari Pers Nasional Ada dua pandangan saling menghampiri. Karena semakin dekat, keduanya bisa saling mempengaruhi....

  • Metrum

    Puisi di Ruang Publik

    Bayangkan, hidup kita tanpa kesenian. Tanpa musik, nyanyian, dan tarian. Bayangkan, jika hidup tanpa tontonan, tanpa...

  • DIARY

    Soempah Pemoeda Milenial

    Diskusi terfokus ikhwal relevansi Soempah Pemoeda era milenial, digelar di Redaksi H.U. Kabar Priangan, Senin (29/10/2018)....

  • DIARY

    Menyambungkan Rasa

    Menyambungkan rasa itu penting. Butuh totalitas. Apalagi saat kita bergerak di dunia yang harus dihayati dan...

Advertisement WordPress.com

Disadari atau tidak, majas melekat dengan keseharian. Saat ngobrol di kedai kopi, lahir perbandingan untuk menjelaskan gagasan. Kiasan mengalir, mempertegas efek. Menghidupkan imajinasi.… instagram.com/p/Bt8eGDDBe9l/…

Yesterday from Duddy RS | Solilokui's Twitter via Instagram

To Top