Connect with us

Metrum

Konflik Ruang Eksistensi


SEKARANG orang banyak yang pusing. Mau tidak mau, disadari atau tidak, masuk ke dalam pusaran. Arusnya mengalir sangat deras.

Saking kuatnya arus itu, menghanyutkan segala dari hulu sampai ke hilir. Tidak ada yang bisa melawan, atau paling tidak menghindari pusaran.

Kalaupun ada yang mencoba melawan arus seperti ikan salmon, nasibnya belum tentu beruntung. Pemangsa bisa menamatkan riwayat kapan saja.

Apa boleh buat, sekalipun tidak punya urusan, terpaksa harus mengikuti arus yang sulit dibendung itu. Rela berkorban atau menjadi korban. Sama saja.

Darimanakah arus yang kuat itu berasal? Sehingga mengakibatkan kegalauan sedemikian rupa. Menjadi biang pertikaian yang menguras energi.

Kebaikan seolah cuma dimiliki kelompok tertentu. Semua merasa paling benar. Sepintas saja sikap itu sangat janggal. Ada yang tidak beres.

Tokoh baik dan tokoh jahat ditunjukkan dalam sebuah cerita. Namun dalam kehidupan nyata, tidak ada si baik dan si jahat, yang ada cuma manusia.

Apa artinya kebaikan jika masuk ke dalam pusaran yang bisa melenyapkan makna kebaikan itu sendiri. Melahirkan kegaduhan dan pertengkaran.

Benturan sosial yang sangat menguras energi itu tidak selalu menakutkan. Bagi kalangan tertentu, konflik justru menjadi ruang eksistensi.

Ada celah untuk menciptakan arus baru sebagai alternatif. Menawarkan solusi jalan tengah. Semua pihak memandang dirinya dari sisi lain. Rukun dan bersatu. ***


Continue Reading
Advertisement
Komentar

Tinggalkan Balasan

Metrum

  • Metrum

    Pesan Fabel

    Sejak dini dikenalkan pada imajinasi. Fiksi lama yang tersebar luas secara lisan. Hewan berperilaku seperti manusia....

  • Metrum

    Persimpangan Jalan Media

    Menjelang Hari Pers Nasional Ada dua pandangan saling menghampiri. Karena semakin dekat, keduanya bisa saling mempengaruhi....

  • Metrum

    Puisi di Ruang Publik

    Bayangkan, hidup kita tanpa kesenian. Tanpa musik, nyanyian, dan tarian. Bayangkan, jika hidup tanpa tontonan, tanpa...

  • DIARY

    Soempah Pemoeda Milenial

    Diskusi terfokus ikhwal relevansi Soempah Pemoeda era milenial, digelar di Redaksi H.U. Kabar Priangan, Senin (29/10/2018)....

  • DIARY

    Menyambungkan Rasa

    Menyambungkan rasa itu penting. Butuh totalitas. Apalagi saat kita bergerak di dunia yang harus dihayati dan...

Advertisement WordPress.com

Disadari atau tidak, majas melekat dengan keseharian. Saat ngobrol di kedai kopi, lahir perbandingan untuk menjelaskan gagasan. Kiasan mengalir, mempertegas efek. Menghidupkan imajinasi.… instagram.com/p/Bt8eGDDBe9l/…

Yesterday from Duddy RS | Solilokui's Twitter via Instagram

To Top