Connect with us

Metrum

Konflik Ruang Eksistensi


SEKARANG orang banyak yang pusing. Mau tidak mau, disadari atau tidak, masuk ke dalam pusaran. Arusnya mengalir sangat deras.

Saking kuatnya arus itu, menghanyutkan segala dari hulu sampai ke hilir. Tidak ada yang bisa melawan, atau paling tidak menghindari pusaran.

Kalaupun ada yang mencoba melawan arus seperti ikan salmon, nasibnya belum tentu beruntung. Pemangsa bisa menamatkan riwayat kapan saja.

Apa boleh buat, sekalipun tidak punya urusan, terpaksa harus mengikuti arus yang sulit dibendung itu. Rela berkorban atau menjadi korban. Sama saja.

Darimanakah arus yang kuat itu berasal? Sehingga mengakibatkan kegalauan sedemikian rupa. Menjadi biang pertikaian yang menguras energi.

Kebaikan seolah cuma dimiliki kelompok tertentu. Semua merasa paling benar. Sepintas saja sikap itu sangat janggal. Ada yang tidak beres.

Tokoh baik dan tokoh jahat ditunjukkan dalam sebuah cerita. Namun dalam kehidupan nyata, tidak ada si baik dan si jahat, yang ada cuma manusia.

Apa artinya kebaikan jika masuk ke dalam pusaran yang bisa melenyapkan makna kebaikan itu sendiri. Melahirkan kegaduhan dan pertengkaran.

Benturan sosial yang sangat menguras energi itu tidak selalu menakutkan. Bagi kalangan tertentu, konflik justru menjadi ruang eksistensi.

Ada celah untuk menciptakan arus baru sebagai alternatif. Menawarkan solusi jalan tengah. Semua pihak memandang dirinya dari sisi lain. Rukun dan bersatu. ***


Komentari

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Metrum

  • Metrum

    Orasi dan Puisi

    TAK ada angin tak ada hujan perbincangan para aktivis mahasiswa menukik tajam pada naluri paling dasar....

  • Metrum

    Rekognisi Desa

    LARIK-LARIK nyanyian Desaku karya Liberty Manik masih terngiang hingga kini. Lagu itu jadi andalan saat disuruh...

  • Metrum

    Berkarya dan Mengabdi

    PERJALANAN tak cuma menempuh jarak, tetapi juga menata gerak dan waktu yang menentukan titik balik eksistensi....

  • Metrum

    Dialog Semesta

    BERDIALOG dengan semesta. Sepintas seperti orang gila. Bahkan sangat tipis dengan kesesatan. Lalu sering disalahpahami dan...

  • Metrum

    Intelektual Organik

    DESA adalah kekuatan. Ungkapan itu tajam. Menjadi larik dalam sebuah nyanyian Iwan Fals. Membuka mata banyak...

  • Metrum

    Gara-gara Konflik

    KEDAMAIAN tak mengenal kebohongan. Pertarungan sejatinya menjadi ruang artikulasi yang sehat. Arena mengasah batin. Melahirkan kesatria....

Ke Atas
%d blogger menyukai ini: