Connect with us

Metrum

Literasi Desa

MEMETAKAN potensi bisa dilakukan dengan sederhana. Alat ukur ihwal itu sudah tersedia dalam keseharian. Sejak tatanan keluarga tercipta.

Tatanan yang sudah terbangun seringkali tidak disadari. Luput dari payung kuasa. Dibiarkan menjadi aturan tak tertulis. Tidak dirumuskan.

Diakui catatan bisa melanggengkan ingatan. Lumrah bila aturan yang didasari kearifan lokal lambat laun terlupakan. Lenyap dari muka bumi.

Ketahanan budaya yang rapuh bisa terjadi, bila inventarisasi dan dokumentasi sekadar memenuhi hasrat penelitian. Hasilnya dimuseumkan.

Relevansi nilai-nilai budaya lokal saatnya diaktualisasikan. Celah sangat terbuka. Bisa dimulai saat ini juga. Bila semua kalangan serius.

Bukankah para pemegang kuasa bisa melakukan analisa kebijakan yang objektif ihwal potensi lokal? Tak melulu merumuskan kebijakan politis.

Faktanya, Peraturan Daerah tentang Tatanilai bisa melenggang dengan mulus. Namun, nilai-nilai pituin lokal belum sepenuhnya terakomodasi.

Bisa dipertajam di tingkat yang lebih kecil. Desa. Merumuskan kebijakan tatanilai dimulai dari pemerintahan desa menjadi Peraturan Desa.

Tentu ada pro dan kontra. Pentingkah menuangkan identitas kolektif konstitusi masyarakat menjadi peraturan tertulis? Mendesakkah?

Ada kepentingan yang lebih besar. Selain pendokumentasian, inkripsi nilai-nilai budaya lokal mendorong gerakan literasi desa secara konkret.

Lanjutkan
1 Komentar

1 Komentar

  1. Pingback: Literasi Desa – isdesa.id

Tinggalkan Balasan

Metrum

  • Metrum

    I will be missing You #TerimakasihPath

    KECERIAAN Friendster dan kehangatan Multiply telah berlalu. Layanan mikroblog dan blog dalam jaringan itu sudah bubar...

  • Lorong

    Pulitik Daun Hanjuang

    NGARANNA ogé hajat. Satutas lekasan mah layar-layar diturunkeun. Keun urang teundeun di handeuleum sieum, tunda di...

  • Metrum

    Perihal Kabar Pilkada

    GRUP Kabar Pilkada (KP) diluncurkan 8 Februari 2012, lima bulan menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota...

  • Metrum

    Hijrah Kala

    PERAYAAN tahun baru dari masa ke masa selalu disambut dengan hangat. Fakta itu tak bisa dibantah....

  • Metrum

    Orasi dan Puisi

    TAK ada angin tak ada hujan perbincangan para aktivis mahasiswa menukik tajam pada naluri paling dasar....

  • Metrum

    Rekognisi Desa

    LARIK-LARIK nyanyian Desaku karya Liberty Manik masih terngiang hingga kini. Lagu itu jadi andalan saat disuruh...

Ke Atas