Connect with us

Literasi Media

Media Warga Daring

KETERBUKAAN informasi publik bisa dibangun dari akar rumput. Mengedukasi masyarakat agar melek media, salah satu langkah strategis yang bisa dilakukan. Melek media, tidak sekadar paham, tetapi berperan menjadi pelaku, mulai dari menghimpun dan mengolah data menjadi informasi, hingga menyebarkan kepada khalayak.

Lokalitas selalu aktual dan menarik. Peristiwa masa lampau sekalipun, karena kedekatan – baik emosi maupun tempat –  tetap layak dikonsumsi sebagai informasi. Faktor kedekatan (proximity) itu akan menjadi penawar rindu siapa pun di mana pun. Era informasi dalam jaringan (online) akan menjadi ruang kreativitas yang sangat segar.

Ruang kreativitas itu akan tumbuh subur bila ada pendampingan kesadaran bermedia warga secara simultan dan berkesinambungan. Membangun jejaring warga pewarta dari hulu sampai ke hilir. Mengedukasi warga menuangkan gagasan ke dalam tulisan, etika jurnalisme, dan model bisnis media komunitas.

Demi mewadahi potensi itu dipandang perlu membangun media dalam jaringan (daring) yang dikelola serius. Ancangan media daring itu dialamati dengan sebuah domain, disandingkan dengan televisi dan penerbitan. Konvergensi media dewasa ini sudah menjadi kecenderungan yang tak bisa ditawar lagi. Media yang terintegrasi, cetak dan digital.

Diskusi di Facebook

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Geng Motor Tawuran di Sumedang, Seorang Tewas bit.ly/3p3vghW

About 3 hours ago from Duddy RS | Solilokui's Twitter via IFTTT

Advertisement
Advertisement WordPress.com
To Top