Connect with us

Metrum

Orasi dan Puisi


Berdiskusi tentang NU, Muhammadiyah, pergerakan mahasiswa dari masa ke masa, peran dan pengaruh media.

TAK ada angin tak ada hujan perbincangan para aktivis mahasiswa menukik tajam pada naluri paling dasar. Di sebuah pangkalan kopi, pengakuan dari lubuk hati  meleleh. Aktivis juga manusia.

Setinggi-tingginya idealisme seorang aktivis tak bisa menolak anugerah yang menikung dari palung hati terdalam. Gedebur rasa jatuh cinta. Ada kecenderungan mereka acapkali gagal paham tentang cinta jenis kelamin. Benih-benih saling menyukai antara lelaki dan perempuan.

Kanal romantisme mesti ditempuh dengan penuh penghayatan. Cinta tidak mesti dijalani dengan revolusi. Cinta sejati tumbuh lembut dan perlahan.

Kegagalan aktivis biasanya luput membedakan puisi dan orasi. Teknik mengungkapkan perasaan. Rayuan tak sama dengan aksi pernyataan sikap. Padahal Presiden Sukarno sudah memberi panduan. Bagaimana caranya memadukan gerakan ideologis dan romantis. Keseimbangan akal dan emosi.

Jangan melupakan sejarah. Lantaran banyak hal yang bisa direkonstruksi. Termasuk, karena cinta beda jenis kelamin pula bangsa berkembang. Saling jatuh cinta. Menikah. Lantas memperbanyak orang.

Saatnya para aktivis melahirkan sumberdaya manusia yang cerdas dan tidak lebay. Tapi mesti berpegang teguh pada kaidah. Tak elok juga jika para aktivis sibuk pacaran. Mengumbar birahi yang bisa melumpuhkan akal sehat.

Pacaran berbasis syariah lebih aman. Takaruf. Menjajagi. Pacaran sesungguhnya saling mengontrol persepsi. Meyakinkan diri sadar potensi.

 


Komentari

Komentari

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Metrum

  • Metrum

    Rekognisi Desa

    LARIK-LARIK nyanyian Desaku karya Liberty Manik masih terngiang hingga kini. Lagu itu jadi andalan saat disuruh...

  • Metrum

    Berkarya dan Mengabdi

    PERJALANAN tak cuma menempuh jarak, tetapi juga menata gerak dan waktu yang menentukan titik balik eksistensi....

  • Metrum

    Dialog Semesta

    BERDIALOG dengan semesta. Sepintas seperti orang gila. Bahkan sangat tipis dengan kesesatan. Lalu sering disalahpahami dan...

  • Metrum

    Intelektual Organik

    DESA adalah kekuatan. Ungkapan itu tajam. Menjadi larik dalam sebuah nyanyian Iwan Fals. Membuka mata banyak...

  • Metrum

    Gara-gara Konflik

    KEDAMAIAN tak mengenal kebohongan. Pertarungan sejatinya menjadi ruang artikulasi yang sehat. Arena mengasah batin. Melahirkan kesatria....

  • Metrum

    Pemulihan Psikologis

    ​ GEBYAR pemilihan kepala daerah (pilkada), selalu menarik perhatian. Lebih kuat ketimbang ajang mencari bintang dunia...

Ke Atas
%d blogger menyukai ini: