Connect with us

Metrum

Orasi dan Puisi

Berdiskusi tentang NU, Muhammadiyah, pergerakan mahasiswa dari masa ke masa, peran dan pengaruh media.

TAK ada angin tak ada hujan perbincangan para aktivis mahasiswa menukik tajam pada naluri paling dasar. Di sebuah pangkalan kopi, pengakuan dari lubuk hati  meleleh. Aktivis juga manusia.

Setinggi-tingginya idealisme seorang aktivis tak bisa menolak anugerah yang menikung dari palung hati terdalam. Gedebur rasa jatuh cinta. Ada kecenderungan mereka acapkali gagal paham tentang cinta jenis kelamin. Benih-benih saling menyukai antara lelaki dan perempuan.

Kanal romantisme mesti ditempuh dengan penuh penghayatan. Cinta tidak mesti dijalani dengan revolusi. Cinta sejati tumbuh lembut dan perlahan.

Kegagalan aktivis biasanya luput membedakan puisi dan orasi. Teknik mengungkapkan perasaan. Rayuan tak sama dengan aksi pernyataan sikap. Padahal Presiden Sukarno sudah memberi panduan. Bagaimana caranya memadukan gerakan ideologis dan romantis. Keseimbangan akal dan emosi.

Jangan melupakan sejarah. Lantaran banyak hal yang bisa direkonstruksi. Termasuk, karena cinta beda jenis kelamin pula bangsa berkembang. Saling jatuh cinta. Menikah. Lantas memperbanyak orang.

Saatnya para aktivis melahirkan sumberdaya manusia yang cerdas dan tidak lebay. Tapi mesti berpegang teguh pada kaidah. Tak elok juga jika para aktivis sibuk pacaran. Mengumbar birahi yang bisa melumpuhkan akal sehat.

Pacaran berbasis syariah lebih aman. Takaruf. Menjajagi. Pacaran sesungguhnya saling mengontrol persepsi. Meyakinkan diri sadar potensi.

 

Lanjutkan
Komentari

Tinggalkan Balasan

Metrum

  • Metrum

    Puisi di Ruang Publik

    Bayangkan, hidup kita tanpa kesenian. Tanpa musik, nyanyian, dan tarian. Bayangkan, jika hidup tanpa tontonan, tanpa...

  • DIARY

    Soempah Pemoeda Milenial

    Diskusi terfokus ikhwal relevansi Soempah Pemoeda era milenial, digelar di Redaksi H.U. Kabar Priangan, Senin (29/10/2018)....

  • DIARY

    Menyambungkan Rasa

    Menyambungkan rasa itu penting. Butuh totalitas. Apalagi saat kita bergerak di dunia yang harus dihayati dan...

  • DIARY

    Gerakan Membaca Koran

    Serikat Perusahaan Pers (SPS) Jawa Barat langsung ancang-ancang menggelorakan kampanye gerakan membaca koran seusai menggelar Musyawarah...

  • Metrum

    Deja Vu Tasikmalaya

    Beberapa hari seusai Kota Tasikmalaya merayakan sweet seventeen, saya berkunjung ke Singaparna, ibu kota Kabupaten Tasikmalaya....

  • Metrum

    I will be missing You #TerimakasihPath

    KECERIAAN Friendster dan kehangatan Multiply telah berlalu. Layanan mikroblog dan blog dalam jaringan itu sudah bubar...

Ke Atas