Connect with us

Metrum

Pokemon dan Mukidi


NAMANYA media sosial. Lembah manusia tanpa batas. Tempat menjajal kedirian. Siapapun bisa tampil. Ruang artikulasi tanpa sekat. Leluasa.

Mengungkapkan pikiran dan perasaan semakin terbuka. Saling menimpali. Tanpa sadar gerakan literasi terbangun. Membaca dan menulis. Masif.

Di penampang media sosial, orang menulis layaknya bertutur. Mengalir tanpa hambatan. Seperti melaju di jalan tol. Pertanda menggembirakan

Wacana dialirkan ke dalam tulisan. Teks. Merangkai kode menjadi utuh. Wacana lisan berganti menjadi wacana tulisan. Tanpa mengubah pesan.

Selama ini boleh jadi tak disadari. Status di facebook wujud literasi paling interaktif. Teks paling lengkap, tulisan, suara, dan gambar.

Pernah dilansir pengguna facebook di Indonesia lebih dari 62 juta. Paling tidak, angka itu bisa menjadi indikator. Literasi bukan perkara baru.

Puluhan juta pengguna media sosial bergumul dengan teks setiap hari di Indonesia. Negara yang divonis parah berliterasi. Kedodoran melek literasi.

Abaikan vonis menyakitkan soal literasi Indonesia. Tak usah bawa perasaan. Jangan sampai kita merasa bermutu rendah. Inferior. Tersisih.

Faktanya media sosial bergairah. Blog berdenyut. Interaksi menembus ruang dan waktu. Berbincang banyak hal. Dari Pokemon sampai Mukidi.

Toh yang penting bersikap positif saat bermedia sosial. Internet disikapi dengan baik. Bertanggung jawab, aman, inspiratif, dan kreatif


Continue Reading
Advertisement
Komentar

Tinggalkan Balasan

Metrum

  • Metrum

    Pesan Fabel

    Sejak dini dikenalkan pada imajinasi. Fiksi lama yang tersebar luas secara lisan. Hewan berperilaku seperti manusia....

  • Metrum

    Persimpangan Jalan Media

    Menjelang Hari Pers Nasional Ada dua pandangan saling menghampiri. Karena semakin dekat, keduanya bisa saling mempengaruhi....

  • Metrum

    Puisi di Ruang Publik

    Bayangkan, hidup kita tanpa kesenian. Tanpa musik, nyanyian, dan tarian. Bayangkan, jika hidup tanpa tontonan, tanpa...

  • DIARY

    Soempah Pemoeda Milenial

    Diskusi terfokus ikhwal relevansi Soempah Pemoeda era milenial, digelar di Redaksi H.U. Kabar Priangan, Senin (29/10/2018)....

  • DIARY

    Menyambungkan Rasa

    Menyambungkan rasa itu penting. Butuh totalitas. Apalagi saat kita bergerak di dunia yang harus dihayati dan...

Advertisement WordPress.com

Disadari atau tidak, majas melekat dengan keseharian. Saat ngobrol di kedai kopi, lahir perbandingan untuk menjelaskan gagasan. Kiasan mengalir, mempertegas efek. Menghidupkan imajinasi.… instagram.com/p/Bt8eGDDBe9l/…

Yesterday from Duddy RS | Solilokui's Twitter via Instagram

To Top