Connect with us

Metrum

Sumbu Provokasi


SEKONYONG-KONYONG berkelebat wajah Pak Oman dan Bu Entin. Keduanya guru saya waktu duduk di bangku sekolah dasar. Mereka guru yang hebat.

Guru-guru lain juga tak kalah keren. Cuma Pak Oman dan Bu Entin lebih kontras. Pak Oman murah senyum, sedangkan Bu Entin terkenal galak.

Guru-guru istimewa itu mengajari saya  dasar-dasar kehidupan. Bukan cuma baca, tulis, dan hitung. Tetapi menanamkan pola pikir. Bersikap.

Mereka tahu cara yang paling baik agar dihargai murid-muridnya. Kami diberi rel kepercayaan yang disisipkan dalam pelajaran. Mengarahkan.

Guru-guru yang selalu berprasangka baik itu sangat mengesankan. Terkenang-kenang sepanjang maaa di mata anak didik. Mereka memiliki reputasi yang dahsyat.

Murid berkelakuan buruk diberi hak yang sama dengan murid baik. Azas praduga tak bersalah berlaku di ruang kelas. Prasangka baik bersemi.

Kesabaran mereka terasah. Kekeliruan anak didik diampuni dan dilupakan. Guru-guru pemaaf. Mereka tekun membina murid melakukan perbaikan.

Bersih dari tuduhan. Suci dari umpatan yang gegabah dan memojokkan. Memandang dari sisi yang terang benderang, bukan dari sisi kegelapan.

Saat ini prasangka buruk di segala sektor sedang ranum. Gampang disulut dengan sedikit sumbu provokasi. Kebencian bisa tumbuh bermekaran.

Ada pertanyaan sederhana yang harus dijawab. Untuk apa sekolah-sekolah dibangun, tetapi kebencian semakin menjalar?

Selamat Hari Guru.


Continue Reading
Advertisement
Komentar

Tinggalkan Balasan

Metrum

  • Metrum

    Pesan Fabel

    Sejak dini dikenalkan pada imajinasi. Fiksi lama yang tersebar luas secara lisan. Hewan berperilaku seperti manusia....

  • Metrum

    Persimpangan Jalan Media

    Menjelang Hari Pers Nasional Ada dua pandangan saling menghampiri. Karena semakin dekat, keduanya bisa saling mempengaruhi....

  • Metrum

    Puisi di Ruang Publik

    Bayangkan, hidup kita tanpa kesenian. Tanpa musik, nyanyian, dan tarian. Bayangkan, jika hidup tanpa tontonan, tanpa...

  • DIARY

    Soempah Pemoeda Milenial

    Diskusi terfokus ikhwal relevansi Soempah Pemoeda era milenial, digelar di Redaksi H.U. Kabar Priangan, Senin (29/10/2018)....

  • DIARY

    Menyambungkan Rasa

    Menyambungkan rasa itu penting. Butuh totalitas. Apalagi saat kita bergerak di dunia yang harus dihayati dan...

Advertisement WordPress.com

Disadari atau tidak, majas melekat dengan keseharian. Saat ngobrol di kedai kopi, lahir perbandingan untuk menjelaskan gagasan. Kiasan mengalir, mempertegas efek. Menghidupkan imajinasi.… instagram.com/p/Bt8eGDDBe9l/…

Yesterday from Duddy RS | Solilokui's Twitter via Instagram

To Top