Connect with us

Literasi Media

Tahun 2013, Momentum Kebangkitan Blogger

komblogSAAT digelar Asean Blogger Conference di Museum Pasific  Asia, Nusa Dua Bali (16-17/11/2011) sempat mencuat kegelisahan.

Produktivitas blogger melemah lantaran tergoda mainan baru microblog, twitter dan facebook. Kehadiran kedua media sosial itu dipandang salah satu faktor penyebab melemahnya para blogger memutakhirkan tulisan.

Pengamat sosial media, Nukman Luthfie, tidak menampik kondisi itu. Menurutnya, seperti yang dilansir blogger senior MT — mataharitimoer.com — ada kecenderungan pergeseran dari kreator ke tukang ngobrol.

Jumlah kreator tidak banyak. Mereka kebanyakan adalah conversationalist, melarutkan diri dalam perbincangan bernapas pendek di microblog twitter. Facebook sendiri akhir-akhir ini banyak ditinggalkan, dan beralih ke twitter.

Nukman menyayangkan, ruang kosong para kreator tulisan dimanfaatkan pegiat blog yang semata-mata untuk mencari uang. “Saya tidak tahu. Mereka hanya menjadikan blog sebagai media mencari uang. Sementara (aktivitas) blogger itu sebenarnya menulis,” kata Nukman saat diwawancarai TEMPO.CO tempo hari.

Selama tahun 2012, menurut Nukman aktivitas blogger memutakhirkan tulisannya menurun. Kondisi itu diamini MT. Tetapi keduanya tetap optimistis. Tahun 2013 momentum yang tepat untuk membangkitkan kembali spirit blogger sejati.

“Aku sendiri tetap optimis, teman-teman blogger yang telah menelantarkan blognya, suatu saat akan kembali lagi merawat blog yang merepresentasikan dirinya sendiri. Karena bagaimana pun, menulis di blog bisa lebih lengkap, panjang, dan tuntas, ketimbang microblogging yang memang diciptakan untuk bercakap-cakap, bukan sebagai media penulisan selayaknya blog,” ujar MT menandaskan.

Diskusi di Facebook
Continue Reading
Advertisement
3 Comments

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Advertisement WordPress.com
To Top